Berita dan Jenis-Jenisnya



BERITA (NEWS) & 5W-1H
      

     Dalam praktek jurnalistik, berita menduduki posisi utama. Hampir seluruh isi surat kabar  adalah berita. Dalam jurnalisme radio dan televisi berita merupakan program inti. Artinya walaupun iklan menduduki posisi teratas berdasarkan analisa sumber profit, tapi  nasib sebuah usaha (khususnya di media) tergantung pada beritanya. Tidak ada biro yang mau memasang iklan di surat kabar yang isi atau beritanya tidak memiliki nilai jual.

Dja’far  H. Assegaff: Berita merupakan laporan tentang fakta atau ide yang terkini, yang dipilih oleh wartawan untuk disiarkan, karena dianggap menarik perhatian pembaca. Entah karena luar biasa, entah karena pentingnya, atau akibat yang ditimbulkannya, atau entah mencakup segi human interest seperti humor, emosi, dan ketegangan.

Willard C.Bleyer: menyebutkan bahwa berita merupakan suatu kejadian aktual yang diperoleh wartawan untuk dimuat media karena menarik atau mempunyai makna bagi pembacanya.

Mitchel V. Charnley (dalam Effendy, 2000:131), Berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau opini yang tertarik atau penting, atau kedua-duanya bagi sejumlah besar penduduk.

5w+1H
Dalam prakteknya para pakar Ilmu Komunikasi memberikan pedoman dalam menulis sebuah berita menggunakan formula (rumusan) 5W + 1H. Dan pedoman ini disebut sebagai syarat kelengkapan suatu berita. Berikut formula yang di maksud:

1. Who (siapa)
                Merupakan pertanyaan yang akan mengandung fakta yang berkaitan dengan setiap orang yang terkait langsung atau tidak langsung dengan kejadian. Disni akan terlihat, nama-nama yang termasuk dalam lingkup berita yang seadang dibicarakan.

2. What (apa)
                Merupakan pertanyaan yang akan menjawab apa yang terjadi dan akan mendorong wartawan untuk mengumpulkan fakta yang berkaitan dengan hal-hal yang dilakukan oleh pelaku maupun korban dalam suatu kejadian.

3. Why (mengapa)
                Akan menjawab latar belakang atau penyebab kejadian. Meski jarang, why bisa dipakai untuk membuka sebuah berita atau menjadi lead berita.           

4. Where (dimana)
                Menyangkut tempat kejadian. Tempat kejadian bisa tertulis detail atau hanya garis besarnya saja. Biasanya, bila berita berasal dari tempat terkenal, maka penulisannya tidak terlalu mendetail.

5. When (Bilamana)
                Menyangkut waktu kejadian. Waktu yang tertera tidak sebatas tanggal, tapi dapat ditulis hari, jam, bahkan menit saat berlangsung sebuah kejadian.

6. How (bagaimana)
                Akan memberikan fakta mengenai proses kejadian yang diberikan. Bisa menceritakan alur kejadian bahkan suasana saat suatu kejadian yang diberitakan tengah berlangsung.

Feature

Feature sebagai turunan dari news dapat timbul karena diawali dengan suatu berita besar diawalnya. Ketika informasi feature sajikan maka pegangan 5W + 1 H tidak mutlak, karena keleluasaan penayangan, durasi fleksibel, dan opini penulis menjadi panduan. Namun demikian diingat juga karya feature harus mengandung 5W + 1 H dengan narasi bertutur yang kreatif dan informal.

Ashadi Siregar mengatakan Feature adalah Liputan mengenai kejadian yang dapat menyentuh perasaan, ataupun yang menambah pengetahuan audience/pemirsa, melalui penjelasan rinci, lengkap serta mendalam. Tidak terikat aktulitas nilai utamanya unsur manusiawi atau informasi yang dapat menambah pengetahuan.

Jim Atkins Jr. menyebutkan bahwa feature merupakan sesuatu yang bisa membuat penonton berlompatan dan berpindah untuk menyaksikannya lalu mereka membicarakan- nya, meresponnya dan mengingatnya.

Julian Harris (The Complete Report) Feature adalah tulisan yang semata-mata berdasarkan human interest serta tidak terikat pada tata penulisan baku dan kaku seperti penulisan berita.

McKinney (Wartawan Denver Post) Feature adalah suatu tulisan yang berada di luar semua tulisan yang pegangan utamanya 5w+1h.

Richard Wainer (Dalam Webster’s New World Directory of Media and Communication) menyebutkan feature merupakan suatu artikel tulisan yang lebih ringan dan umum tentang human interest atau gaya hidup ketimbang straight news yang ditulis dari peristiwa yang masih hangat.
Adapun sumber yang didapat berasal dari realitas objektif, yaitu sesuatu yang faktual, benar dan nyata. Realitas informasi tersebut juga lebih adil dengan menampilkan fisik apa adanya, mengkonfimasi dan investigasi bila dibutuhkan. Kreativitas dalam menyusun narasi feature dapat di berdasarkan imajinasi kreator berdasarkan selera namun tetap mengacu fakta dilapangan. 
Apabila dilihat dari kriteria tersebut maka feature dikatagorikan memiliki predikat jurnalistik sastra. Artinya feature termasuk karya jurnalistik sastra yang berdasarkan gaya penulisan fiksi yang bersifat naratif, kreatif, serta imajinatif faktual yang tunduk pada kaidah jurnalistik konvensional normatif juga jurnalistik sastra. Dengan kehadiran feature yang beranekaragam diseluruh media massa, khususnya televisi dalam format program televisi menjadikan alternatif pilihan pemirsa untuk menikmati hiburan yang informatif, sehat dan mencerdaskan.

Jenis jenisnya

1. Feature 

Tokoh Menarik (Profil/Biografi)
Mengungkap riwayat hidup sosok orang terkemuka, berprestasi, memiliki keunikan ataupun karya dan gaya hidupnya. Biasanya feature ini menampilkan sosok terkemukan dalam kelompok, masyarakat bahkan suatu bangsa

 2. Feature Peristiwa Menarik (Human Interest and Human Touch)
q  Segala sesuatu yang menimbulkan daya tarik, menuntun semua orang untuk mengetahui lebih banyak  serta menjadi sumber inspirasi bagi kelompok jurnalis untuk mengabadikannya.
q  Perasaan yang gelisah, senang/gembira, ingin memiliki, terharu menjadi satu dalam perasaan benak pemirsa apabila menyaksikannya.
q  Selalu berhubungan dengan perasaan manusia, akan tetapi obyek penyajiannya dapat menampilkan binatang dan tumbuh-tumbuhan

3. Feature Peninggalan Sejarah (Historis)
q  Feature ini bertujuan untuk membangkitkan gairah semagat juang/kerja pemirsa tv.   
                Segala sesuatu yang telah berlangsung silam atau beberapa tahun yang lalu menjadi 
                suatu peristiwa sejarah yang patut dikenang.
q  Biasanya feature ini dilengkapi dengan kronologi dan rekonstruksi suatu kejadian untuk  
                membuktikan  kebenaran sejarah yang telah menjadi atau peninggalan sejarah dalam 
                bentuk benda-benda yang berwujud dapat dikenal siapapun juga, termasuk juga aspek-aspek manusia yang terkait langsung baik dahulu atau saat ini.

4. Feature Panduan Wisata
q  Bertujuan untuk mengajak pemirsa mengenal sebuah perjalana wisata ke suatu tempat yang unik, bersejarah maupun tempat yang eksotik baik didalam maupun di luar negeri.
q  Dalam program ini yang ditonjolkan adalah proses perjalanan yang dibutuhkan, hambatan menarik yang timbul, obyek-obyek wisata yang menjadi andalan  layak  dikunjungi serta berapa biaya yang harus disiapkan untuk mendapatkan kenikmatan yang disuguhkan. 
    
5.  Feature Pentunjuk Praktis/Tips
q  Menyajikan suatu keahlian tentang bagaimana melakukan atau mengajarkan sesuatu yang tidak diketahui oleh sebagian besar orang, biasanya diproduksi berkaitan dengan suatu peristiwa besar
q  Bertujuan mendidik dan mengajak pemirsa menjadi wisatawan/industri rumah tangga, dengan berbagai contoh keberhasilan pengelolaannya.

6. Feature Ilmiah (Science)
          Feature ini memberikan pengetahuan teknologi/science pada pemirsa kalangan menegah atas atau pelajar/mahasiswa yang menyukai perancangan, penemuan dan rekayasa teknologi,  dalam berbagai ilmu pengetahuan untuk kemajuan peradaban manusia. Penyajian sesuatu yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan di program ini merupakan kronologi secara detail sejak awal, perangkat lunak, perangkat keras dan sumber daya manusia yang mengerjakan disusun secara logis dengan komposisi visual yang jelas (close up), terstruktur dan lengkap

       Ciri-Ciri

Menurut Karl Meters:
  •    Proses jalannya cerita cenderung vertikal dan mendalam
  •    Mengungkap gambaran kualitatif ( khas )
  •    Diramu dalam satu tofik kehidupan yang riil
  •    Menggambarkan satu kehidupan dalam satu episode
  •    Jalan ceritanya relatif dapat diramalkan
  •   Diolah dengan sasaran untuk mengubah sikap audiens

TEKNIK MEMBUAT PERENCANAAN
PENULISAN FEATURE
  •    Identitas stasiun televisi
  •     Judul
  •     Point of view
  •     Team produksi
  •     Synopsis
  •     Main character
  •     Jadwal produksi - jadwal siaran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Dari Lagu Green Day - Still Breathing

Kisah Di Album American Idiot

Fakta Tentang Billie Joe Armstrong